Saturday, 1 July 2017

BANDWIDTH

Tugas Kuliah Gaes

Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network dan merupakan istilah yang menunjukkan kapasitas media dalam membawa Informasi. Disamping itu bandwidth juga disebut sebqagai jumlah arus transfer data dalam kurun waktu tertentu yang telah ditetapkan. Dalam hubungannya dengan account hosting Anda, semakin sering situs web Anda dikunjungi dan semakin sibuk aktivitas download dan upload di situs Anda, maka semakin besar bandwidth yang dibutuhkan. Bandwith dapat digunakan dalam banyak hal,misalnya telepon,jaringan kabel,bus,sinyal frekuensi radio, dan monitor. Bandwith diukur dengan putaran per detik atau Hertz (Hz),yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan , tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).
Untuk memperjelas maksud dari pengertian di atas, silahkan perhatikan gambar di bawah ini



contoh bandwidth
Dalam gambar di atas, bandwidth di notasikan dengan huruf B, di mana bandwidth (B) merupakan selisih antara fH dan fL atau B = fH – fL, kemudian frekuensi cut-off atas dinotasikan dengan fH dan frekuensi cut-off bawah dinotasikan dengan fL. Dan satuan bandwidth untuk yang satu ini menggunakan satuan Hertz..
untuk menyebutkan nilai bandwidth dunia telekomunikasi yaitu dengan bps (bit per second), bisa juga dengan kbps (kilo bps), Mbps (Mega bps), Gbps (Giga bps), dst.
Bandwidth ini terkait dengan dua variabel , modulasi dan juga source coding. Modulasi adalah menumpangkan suatu sinyal informasi ke dalam suatu sinyal carrier. Antara bandwith dengan modulasi dan juga source coding saling berkaitan.
Besaran bandwidth yang anda butuhkan tergantung dari 2 faktor:
  1. Besar file dalam website anda. Semakin besar file yang akan diakses oleh pengunjung website anda, maka semakin besar kebutuhan bandiwdth anda.
  2. Popularitas website anda. Semakin populer website anda, maka akans emakin banyak pengunjung yang akan melihat website anda dan semakin besar pula kebutuhan bandiwdth hosting anda
Bandwidth dengan dua variabel , modulasi dan juga source coding. Modulasi itu pengertiannya adalah menumpangkan suatu sinyal informasi ke dalam suatu sinyal carrier. Kenapa menumpang? Misalkan suatu barang yang akan dikirim dari suatu tempat ke tempat yang lain, tentu saja barang itu akan aman jika dimasukkan ke dalam mobil pengangkut barang (cth: truk, mobil box, dll) daripada barang tersebut dibiarkan menggelinding hingga ke tempat tujuan yang jaraknya cukup jauh. Sepert itulah prinsip modulasi yang dimaksud dalam konteks ini..
     
Kaitan antara bandwith dengan modulasi dan source coding Gambar modulasi FSK
Source coding merupakan suatu pengkodean pada suatu sinyal informasi yang masuk ke suatu sistem pengolahan informasi. Di sini, sinyal informasi yang bersifat analog (ex: voice, video, dll) akan diubah menjadi bentuk sinyal digital biner (1 dan 0), biasanya disebut dengan istilah bit-bit biner.
Setelah sinyal informasi berubah menjadi bit-bit biner, maka sinyal tersebut memerlukan suatu modulasi agar sinyal informasi tersebut selamat saat dikirimkan ke tempat tujuan yang jaraknya cukup jauh. Ditumpangkanlah sinyal informasi tersebut ke suatu sinyal carrier dengan beragam cara modulasi (FSK, PSK, MSK, APK, dll) untuk menjaga agar sinyal informasi tersebut tetap utuh hingga ke tujuan akhir. Dalam proses modulasi tersebut ada mekanisme di mana bit-bit tersebut direpresentasikan menjadi suatu simbol tertentu yang bertujuan untuk mengefektifkan dan memperbesar nilai bandwidth saat pengiriman tersebut. Misalkan saja untuk modulasi QPSK, dua bit dapat direpresentasikan menjadi suatu phasa tertentu, atau FSK dimana satu frekuensi merepresentasikan satu bit, dan lain sebagainya. Sehingga bandwidth dalam konteks ini adalah banyaknya data / bit biner yang dapat dikirimkan tiap detiknya, atau kalau dibuat notasinya menjadi B = fc x L, di mana fc merupakan frekuensi carrier sinyal dan juga L merupakan banyaknya bit yang dapat direpresentasikan dalam satu simbol.

Kesimpulan
Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik.

Mutakins

Manfaatkan waktu yang ada.

17 comments:

  1. [url=http://www.youtube.com/]http://www.youtube.com/[/url]

    http://www.youtube.com/

    http://www.youtube.com/

    ReplyDelete
  2. This is a super article, Given such a great amount of data in it, These sort of articles keeps the clients enthusiasm for the site, and continue sharing more... Good fortunes.
    http://livechatbluebet.net/
    http://tembakikanonline.co/

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2013 Mutakins.web.id.